Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulan

Category : Tips
Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulanby arief16on.Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 BulanPada bulan kelima, bayi akan mulai menunjukkan kemampuan-kemampuan baru yang sedikit berbeda dengan hal-hal yang sebelumnya. Tumbuh kembang bayi pada usia 5 bulan biasanya adalah bayi akan semakin mahir memanfaatkan organ-organ tubuhnya. Pada usia ini, bayi akan memulai membuat suara-suara lucu dengan lidah dan bibirnya. Bayi menjadi lebih sering memperhatikan orang tua ketika berbicara, dan […]

Pada bulan kelima, bayi akan mulai menunjukkan kemampuan-kemampuan baru yang sedikit berbeda dengan hal-hal yang sebelumnya. Tumbuh kembang bayi pada usia 5 bulan biasanya adalah bayi akan semakin mahir memanfaatkan organ-organ tubuhnya. Pada usia ini, bayi akan memulai membuat suara-suara lucu dengan lidah dan bibirnya. Bayi menjadi lebih sering memperhatikan orang tua ketika berbicara, dan berusaha untuk menirukannya. Pada bulan kelima inilah bayi akan memulai kemampuan bahasanya. Bayi anda mungkin akan lebih sering bergumam ketika ingin menyatakan sesuatu. Sebagai tahap awal, anda bisa melatih bayi anda untuk menggunakan kata-kata yang mudah seperti kata ‘Mama’ atau ‘Papa’.

Di usia 5 bulan ini, otot-otot bayi anda juga sudah lumayan kuat. Hal inilah yang membuat bayi umur 5 bulan dapat menggenggam sesuatu dengan erat. Selain itu, bayi juga lebih senang berada dalam posisi duduk yang tegak. Meskipun bayi anda belum dapat duduk sendiri, anda bisa memulai melatih bayi anda untuk duduk dengan memberikan bantal sebagai sandaran. Anda juga bisa menyandarkan bayi anda ke tubuh anda agar Ia bisa cepat kuat duduk dan menghindari punggung bengkok. Selanjutnya anda juga sudah bisa memulai memberikan anak anda gelas minum yang bermoncong dengan dua pegangan disisinya untuk melatih kemampuan menggenggamnya. Ingat, jangan menggunakan gelas plastik yang tajam agar tidak melukai buah hati kesayangan anda.

Tips untuk mendorong tumbuh kembang bayi yang berusia 5 bulan adalah senantiasa meningkatkan kemampuannya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan sedikit penghargaan untuk anak anda ketika ia telah mampu melakukan sesuatu yang sebelumnya belum bisa ia lakukan. Penghargaan seperti tepuk tangan dan ciuman akan membuat anak anda senang dan bersemangat untuk melakukan hal-hal yang anda ajarkan. Anda juga bisa memberikan mainan-mainan dengan warna yang cerah agar lebih menarik minat anak anda. Berkaitan dengan kemampuan berbahasanya, anda bisa memulai mengajarkan buah hati anda untuk memanggil ‘mama’ atau ‘papa’. Kata ‘mama’ dan ‘papa’ akan lebih mudah diucapkan oleh bayi daripada kata ‘ayah’ dan ‘bunda’ juga ‘ibu’ dan ‘bapak;.

Related Posts