Dampak Internet, Dampak Positif dan Negatif

Category : Tips
Dampak Internet, Dampak Positif dan Negatifby arief16on.Dampak Internet, Dampak Positif dan NegatifDampak Internet, Dampak Positif dan Negatif | Teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dalam satu dekade terakhir, membawa kita kedalam dunia yang seakan tanpa batas. Sekarang, jarak dan laut seakan tak ada batasnya lagi. orang-orang bisa dengan mudah melakukan perjalanan antar benua hanya dalam hitungan jam dengan keselamatan yang terjamin. Tak seperti dulu ang membutuhkan […]

Dampak Internet, Dampak Positif dan Negatif | Teknologi informasi yang berkembang sangat pesat dalam satu dekade terakhir, membawa kita kedalam dunia yang seakan tanpa batas. Sekarang, jarak dan laut seakan tak ada batasnya lagi. orang-orang bisa dengan mudah melakukan perjalanan antar benua hanya dalam hitungan jam dengan keselamatan yang terjamin. Tak seperti dulu ang membutuhkan waktu beberapa bulan hingga bertahun-tahun lamanya untuk melintasi berbagai negara.

Bahkan, untuk sekarang ini kita tak perlu repot-repot lagi mengunjungi suatu wilayah untuk sekedar mengetahui apa yang sedang terjadi di wilayah tersebut. Sekarang sudah ada radio dan televisi yang sudah bisa mengabarkan berbagai peristiwa yang sedang terjadi dalam beberapa menit yang lalu.

Salah satu fasilitas yang telah membuat bumi ini semakin kecil adalah internet. Boleh dibilang jika didalam internet kita bisa melakukan apapun, maka tak heran jika banyak orang yang menyebutnya dengan istilah dunia maya.

Pengertian Internet

Lalu apa itu internet? Menurut wikipedia, Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Kegunaan Internet

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, maka banyak kegunaan-kegunaan yang diperoleh dari internet, diantaranya sebagai berikut.

1. Kumpulan Berbagai Informasi

Boleh dibilang bahwa Internet adalah gudangnya Informasi, baik itu informasi asli atau asal-asalan. Informasi dunia maya tidaklah mendapat penyaringan yang berarti, maka dari itu gunakanlah informasi tersebut dengan bijak dan berhati-hati.

2. Pertemanan

Adanya facebook, twitter, google plus, blog, dan jejaring sosial lain bisa dipergunakan oleh netter (pengguna internet) untuk berhubungan lewat internet. Dengan mudahnya, kita bisa membuat akun disana dan berkenalan dengan orang-orang baru, bahkan yang berada di ujung dunia sekalipun.

3. Sumber berita

Banyak sekali situs-situs berita yang diterbitkan lewat internet, contohnya saja BBC untuk luar negeri atau Detik, Viva, dan lainnya sebagai situs yang menyediakan berita-berita terbaru. Portal berita mereka diupdate dalam hitungan menit dan bisa dibaca dimanapun dan kapanpun. Tidak seperti berita dalam radio atau televisi yang memerlukan jadwal khusus penayangan.

4. Pendidikan.

Dengan internet, kita bisa mendapatkan berbagai referensi beragam dari berbagai sumber dengan biaya yang relatif murah. Juga, fasilitas mesin pencari (Search Engine) seperti Google dan Yahoo bisa sedikit mengefisiensikan waktu kita dalam mencari sumber referensi.

5. Bisnis

Banyak sekali orang-orang yang mendapatkan penghasilan dari internet. Cara yang dilakukan pun beragam, mulai dari cara yang legal sampai cara yang diharamkan. Untuk cara halal sendiri biasanya pebisnis online menggunakan Jejaring Social atau sebuah website untuk memasarkan apa yang dia tawarkan

6. Jual Beli.

Karena banyakna pebisnis yang bermain di dunia maya, maka jangan heran kalau kegiatan jual beli di internet sangatlah besar. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan baju anak branded harga murah hanya dengan mengetikkan kata kunci ‘grosir baju anak’ di google. Namun harus diperhatikan bahwa tidak semua penjual di dunia maya benar-benar nyata, saya merekomendasikan agar anda membaca link Tips Agar Tidak Tertipu Dalam Bertransaksi Online juga.

Dampak Negatif Pengguna Internet.

Internet bagi kehidupan manusia bagaikan mata pisau, bisa digunakan untuk mengupas bawang atau mengiris makanan tapi bisa juga digunakan untuk membunuh. Selain berbagai kegunaan yang terdapat paa internet, nyatanya juga Internet menimbulkan dampak-dampak yang harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa hal negatif yang bisa disebabkan oleh internet

  1. Mengakses Konten Dewasa
  2. Kecanduan Game Online
  3. Kesehatan Mata Terganggu
  4. Rentan Terjadi Penipuan
  5. Jauh dari Rekan dan Keluarga
  6. Penculikan Melalui Jejaring Sosial
  7. Penyebaran Virus Komputer
  8. Sekolah Terganggu
  9. Tersebarnya Data Pribadi
  10. Cybercrime (Kejahatan Dunia maya)

Pengawasan orang tua kepada anak-anaknya sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal negatif tersebut. Selain itu, kemantapan hati terhadap iman dan takwa serta terus waspada juga suatu hal yang bisa menjauhkan diri dari dampak negatif sebuah internet.

Related Posts