Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Efektif

Category : Tips
Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Efektifby arief16on.Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan EfektifCara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Efektif | Mungkin bagi kamu para perokok berat, kegiatan untuk berhenti merokok ini merupakan hal yang bisa dibilang agak mustahil. Bagaimana tidak, biasanya para penikmat rokok mampu menghabiskan beberapa bungkus rokok setiap harinya. Apabila sekali saja dihentikan, badan rasanya tidak enak dan bagi sebagian orang bahkan sampai menggigil jika […]

Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah Dan Efektif | Mungkin bagi kamu para perokok berat, kegiatan untuk berhenti merokok ini merupakan hal yang bisa dibilang agak mustahil. Bagaimana tidak, biasanya para penikmat rokok mampu menghabiskan beberapa bungkus rokok setiap harinya. Apabila sekali saja dihentikan, badan rasanya tidak enak dan bagi sebagian orang bahkan sampai menggigil jika badannya sudah nagih. Kurang lebih dengan pecandu Narkoba deh kalo kecanduan rokoknya udah sangat parah.
cara, berhenti, merokok

Dampak Negatif dan Bahaya Rokok

Berikut adalah beberapa bahaya yang bisa terjadi akibat kamu terlalu sering merokok.

1. Yang sudah pasti, rokok dapat menyebabkan kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan penyakit-penyakit serius lainnya. Seperti yang sudah tertera pada semua bungkus rokok.

2. Efek dari merokok jauh lebih luas daripada kanker atau asma. Nikotin dapat meracuni setiap inci tubuh Anda, hingga banyak dampak buruk yang seakan terabaikan.

3. Rambut Rontok. Rambut rontok memang banyak penyebabnya. Mulai dari stres hingga nutrisi yang kurang baik. Namun bila Anda perokok, maka waspada bahwa nikotinlah penyebabnya. Merokok berlebihan dapat menyebabkan kerontokan dan kebotakan prematur. Hal ini terutama banyak terjadi pada laki-laki.

4. Merusak sistem pencernaan. Efek dari merokok pada lambung dan usus tidak dapat diubah. Racun yang keras dari rokok mengikis lapisan perut dan tidak memungkinkan enzim pencernaan berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya, perokok berat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan.

5. Merusak indra perasa. Jika Anda seorang perokok, maka ada risiko lidah Anda mati dengan cepat. Itulah sebabnya, perokok bisa makan makanan pedas tanpa masalah. Karena indra pengecap pada lidahnya mati, perokok kebanyakan tidak bisa peka merasakan rempah-rempah dan cita rasa pedas lainnya.

6. Dehidrasi. Perokok harus minum setidaknya 2 liter air lebih banyak dari orang normal. Hal ini karena efek dari merokok pada keseimbangan cairan tubuh. Rokok dapat mengeringkan tubuh dari dalam, menyebabkan bibir kering, kulit kering dan berbagai infeksi saluran kencing.

7. Mengurangi tingkat energi. Sebagian besar perokok memberikan alasan bahwa rokok memberinya energi untuk melakukan shift malam atau mengatasi jam kerja malam di tempat kerja. Tapi ini hanyalah alasan sementara, karena rokok ternyata malah mengurangi kekuatan paru-paru. Dan ketika paru-paru tidak dapat memompa udara, bagaimana Anda merasa energik?

8. Merokok juga akan membahayakan kesehatan orang-orang yang ada disekitar anda, termasuk orang-orang yang anda sayangi, bayangkan saja bila asap rokok yang anda hisap dihirup oleh orang-orang disekitar anda, sungguh sangat tidak terbayangkan bila orang yang seharusnya bisa hidup sehat harus ikut menghirup racun( karbon monoksida) dari asap rokok anda sendiri.

9. Rokok yang setiap hari anda hisap, perlahan-lahan akan merusak paru-paru anda, sementara seperti yang kita ketahui paru-paru merupakan salah satu organ penting yang dibutuhkan untuk kita bernafas. Apa anda masih bisa dikatakan sebagai manusia yang bersyukur, bila anda lahir dengan paru-paru yang sehat, tapi anda bukannya menjaganya tetapi malah menghancurkannya dengan sebungkus rokok setiap hari? Sementara jika anda lihat ke sekeliling anda, masih banyak orang-orang yang lahir dengan kondisi paru-paru yang kurang sempurna. Bagaimana perasaan anda jika membayangkannya? Sungguh sangat miris seandainya anda membayangkan berada di posisi mereka yang kurang sempurna.

10. Berapa banyak uang yang anda habiskan untuk membeli rokok, sementara jika anda bayangkan uang yang anda cari dengan keringat yang bercucuran, anda “bakar” dengan percuma, belum lagi bagi anda yang masih mengharapkan uang jajan dari orang tua, coba anda bayangkan seberapa susah payahnya orangtua anda menghasilkan uang dan anda hanya bisa membakarnya? Sungguh tidak ada artinya sama sekali.

Zat Berbahaya Yang Terkandung Didalam Rokok

Sebesar apa bahaya dari zat yang terkandung pada sebatang rokok? Berikut adalah beberapa dari mereka.

1. Nikotin, merupakan zat beracun yang menyerang saraf dan membuat kecanduan. Meski dianggap menenangkan, tetap saja zat ini berbahaya.

2. Tar, suatu zat yang bisa merusak dan menyebabkan kangker pada paru-paru. Jangan heran kalau misalnya para perokok itu bermasalah pada paru-parunya.

3. Karbonmonoksida (CO), zat ini lebih mudah diikat oleh darah daripada Oksigen. Akibatnya, organ-organ tubuh menjadi kekurangan Oksigen dan perlahan akan mengalami kerusakan.

4. Ammonia, zat beracun yang biasanya digunakan dalam sabun lantai

5. Aseton, zat yang biasanya digunakan untuk pembuatan cat

6. Hidrogen Cyanide, zat yang digunakan untuk menghukum terpidana mati.

7. Arsen/arsenik, zat yang digunakan untuk pestisida.

Tahap Awal Berhenti Merokok.

Sebelum kamu benar-benar melakukan rutinitas untuk berhenti merokok, sebaiknya perhatikan beberapa hal dibawah ini.

1. Tentukan alasan kenapa kamu ingin berhenti merokok. Bisa karena anda ingin terhindar dari penyakit yang telah disebutkan diatas, atau karena suruhan orang-orang tersayang. Kita bisa memperpendek orang-orang disekitar kita loh dengan merokok. Kalau bisa cari alasan yang benar-benar kuat agar nantinya tahap pemberhentian merokok tidak menjadi setengah-setengah.

2. Setelah memiliki alasan yang kuat, selanjutnya tanamkan dalam hati niat untuk berhenti merokok. Niat lebih kuat dari keinginan. Karena keinginan bisa berubah tanpa harus ada alasan. Sedangkan niat hanya bisa batal dengan sesuatu yang lebih penting dari yang kita niatkan. Contoh, ingin sholat dan niat sholat. Saya rasa tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar arti dari dua kata tersebut.

Tahap Proses Berhenti Merokok

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok, misalnya adalah sebagai berikut:

1. Singkirkan asbak, korek api, dan pemantik. Cucilah semua pakaian yang dipunyai yang berbau asap tembakau.

2. Selama beberapa minggu pertama yang sulit, santaplah makanan rendah kalori, dan minumlah banyak air. Ada yang terbantu dengan makan sayuran mentah sebagai camilan, seperti wortel atau seledri.

3. Kenali Kebiasaan Merokok Anda. Perokok biasanya memiliki waktu favorit dimana menghisap rokok dirasakan paling nikmat. Dan yang paling banyak yaitu setelah selesai makan. Di waktu favorit inilah memulai mengurangi sampai berhenti kebiasaan merokok.

4. Putuskan IKATAN Dengan Merk Rokok Tertentu. Para perokok berat biasanya sangat loyal terhadap merek tertentu. Ikatan perokok dengan merek rokok tertentu begitu kuat. Inilah yang harus dipatahkan. Ikatan akan mudah patah kalau ikatannya tidak begitu kuat bukan? Bagaimana caranya? Merokok lah berbagai macam merek rokok, apapun jenisnya, berapapun harganya. Cobalah merokok dengan merek B, jika Anda sudah mempunyai ikatan kuat dengan merek A. Seminggu merokok dengan merek rokok yang baru mungkin rentang waktu yang cocok. Supaya tidak terjadi ikatan yang kuat dengan merek B. Seminggu kemudian gantilah dengan merek C, dan seterusnya. Sampai Anda rasa Anda sudah tidak ketergantungan atau tidak lagi mempunyai ikatan yang kuat dengan merek rokok awal.

5. Banyakilah dulu intensitas tidur, namun jangan sampai berlebihan.

6. Konsultasi Dengan Dokter. Inilah salah satu cara yang patut anda coba, bertanyalah kepada dokter ataupun ahli kesehatan bagaimana cara berhenti merokok dengan cepat. Biasanya dokter juga memiliki resep untuk menghilangkan ketergantungan pada nikotin.

7. Lakukan sekarang juga !!!, Berhenti merokok sekarang juga !!! Biasanya godaan-godaan untuk merokok kembali datang, disertai dengan perasaan badan yang tidak enak. Namun dengan kekuatan niat dan tujuan (alasan), semuanya bisa dilawan

Tahap Lanjutan Cara Berhenti Merokok

Jika anda telah melewati tahapan proses dari cara berhenti merokok, ada baiknya kamu juga melakukan tahap lanjutan untuk menghindari kebiasaan buruk merokok kembali datang.

1. Ubah rutinitas Anda. Jika Anda memiliki rutinitas sehari-hari dan merokok adalah bagian dari itu, lalu berhenti mungkin membuat Anda merasa seperti ada yang hilang. Jika Anda membuat rutinitas baru yang tidak melibatkan merokok apapun, maka Anda dapat memperkuat gagasan bahwa tidak ada yang hilang. Mencari rute baru untuk bekerja adalah salah satu contoh.

2. Berolahraga saat Anda baru menghentikan kebiasaan merokok dapat mengurangi simptom putus candu dan keinginan utnuk kembali merokok. Menurut penelitian dari University of West England, cukup berolahraga ringan selama 10 menit, Anda dapat meningkatkan kebugaran tubuh, mengikis lemak, sekaligus menurunkan keinginkan untuk kembali merokok.

3. Permen pelega tenggorokan. Selain melegakan pernapasan, permen sejenis lozenges (pelega tenggorokan) juga punya manfaat lain. Permen sejenis nicotine lozenges atau NiQuitin CQ memberi efek yang sama seperti saat Anda merokok, yakni menurunkan nafsu makan. Dengan cara ini, Anda dapat berhenti merokok sekaligus mengurangi resiko bertambahnya berat badan sampai 45%.

Tambahan:
Ketika kesulitan menunda, karena keinginan untuk meletakkan rokok diantara dua bibir sudah menggelora, lakukan tips dan trik berikut ini: Ambil sebatang rokok dan jangan dinyalakan. Hisap seperti biasa, kalau ada teman yang menawarkan korek jangan diterima. Lakukan hal ini (menghisap rokok tanpa menyalakannya) selama mugkin.

Semuanya membutuhkan proses, jadi tidak bisa menghilangkan kebiasaan merokok dengan secepat kilat. Namun jika alasan dan niat sudah kuat, semuanya bisa terlaksana. Semoga beberapa tips sederhana tentang bagaimana cara berhenti merokok tersebut berguna bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung 🙂 (Diadaptasi dari berbagai sumber)

Related Posts