Kabar Berita Mpok Nori Meninggal Dunia Ternyata Benar

Category : Hiburan
Kabar Berita Mpok Nori Meninggal Dunia Ternyata Benarby arief16on.Kabar Berita Mpok Nori Meninggal Dunia Ternyata BenarMpok Nori Meninggal Dunia | Sepekan pasca meninggalnya Olga Syahputra, dunia komedi Indonesia kembali harus berduka karena harus ditinggalkan oleh seniman betawi senior, Mpok Nori. Berikut adalah kumpulan berita yang diambil dari berbagai media. Tempo: Mpok Nori Meninggal, Ridwan Kamil Berduka Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior Nur Sarinuri atau yang […]

Mpok Nori Meninggal Dunia | Sepekan pasca meninggalnya Olga Syahputra, dunia komedi Indonesia kembali harus berduka karena harus ditinggalkan oleh seniman betawi senior, Mpok Nori. Berikut adalah kumpulan berita yang diambil dari berbagai media.

Tempo: Mpok Nori Meninggal, Ridwan Kamil Berduka

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior Nur Sarinuri atau yang akrab dipanggil Mpok Nori, meninggal di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat, 3 April 2015, pukul 07.40 WIB. Komedian Betawi itu meninggal pada usia 84 tahun.

Banyak orang yang mengucapkan belasungkawa di situs mikroblogging, Twitter. Salah satunya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Emil, sapaan Ridwan, mengatakan pekerjaan Mpok Nori perilaku yang mulia. “Membuat orang lain tertawa itu pekerjaan mulia #RIPMpokNori,” cuit Emil, Jumat, 3 April 2015.

Cuitan yang dilontarkan Emil pukul 10.05 WIB itu di-retweet lebih dari 600 orang. Emil meminta pengikutnya di Twitter yang berjumlah lebih dari 1,1 juta pengguna ikut mendoakan Mpok Nori. “Turut berduka cita atas berpulangnya Mpok Nori, seniman Betawi kita semua. Doa terbaik dari kami.”

Mpok Nori merupakan komedian Betawi yang memiliki penggemar walau umurnya sudah 85 tahun. Untuk mencapai ketenaran sampai usia tua, usaha Mpok Nori tidaklah mudah. Ia mengawali karier di dunia seni Betawi melalui manggung dari satu kampung ke kampung lain sebagai penari topeng.

Kemudian, perempuan yang lahir pada 10 Agustus 1930 itu bergabung di Sanggar Setia, milik almarhum Haji Bokir. Dari sanggar itu, Mpok Nori mulai dikenal sebagai pemain lenong Betawi. Mpok Nori pun mendapat tawaran manggung untuk mengisi acara televisi. Lewat aktingnya dalam serial Pepesan Kosong, nama Mpok Nori semakin meroket dan dikenal luas oleh masyarakat.

Semakin tua semakin jadi. Di usia 74 tahun atau tahun 2005, dia aktif di dunia sinetron. Mpok Nori pernah menjadi pemain di beberapa film. Yaitu, Hantu Biang Kerok (2009), Get Married 2 (2009), Get Married 3 (2011), Pocong Mandi Goyang Pinggul (2011), Penganten Pocong (2012), Jeritan Danau Terlarang (2013), dan Malam Suro di Rumah Darmo (2014).

Karena kecintaan dalam dunia seni, Mpok Nori pun membuat sanggar seni sendiri bernama Sinorai. Lebih dari 50 murid yang ingin belajar pendidikan seni peran di tempat Mpok Nori.

Kompas.Com: Mpok Nori Meninggal Dunia, Ini yang Disesali Sang Anak

Anak pertama mendiang seniman Betawi Mpok Nori, Utari, mengungkapkan penyesalannya sesudah sang ibu meninggal dunia.

Mpok Nori, yang bernama asli Nuri Sarinuri, mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit (RS) Pasar Rebo, Jakarta Timur, pada Jumat (3/4/2015) pukul 08.10 WIB. Ia meninggal dunia dalam usia 84 tahun karena asma dan penyakit lambung yang dideritanya sejak lama.

“Emak memang sudah lama sakitnya. Selama ini Emak hanya berobat jalan saja,” ujar Utari, anak pertama Mpok Nori, kepada Kompas.com, dikediamannya di Jalan Damai I, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Utari menceritakan pula, Mpok Nori memang sering masuk keluar rumah sakit karena penyakitnya tersebut. Jumat ini, Mpok Nori dibawa ke RS Pasar Rebo pada pukul 02.00 WIB dan mengembuskan napas terakhirnya pada pukul 08.10 WIB.

“Saya nyesel banget enggak dapetin Emak,” kata Utari, yang matanya berkaca-kaca.

Maksud Utari, ia tak sempat mendampingi ketika Mpok Nori mengembuskan napas terakhirnya. Utari mengaku tidak mendapat firasat apa pun mengenai kepergian Mpok Nori untuk selamanya. Mpok Nori, kata Utari lagi, hanya meminta dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Rangon, Jakarta Timur.

“Emak enggak ada pesan apa-apa. Emak hanya minta, kalau sudah enggak ada, dimakamkan di Pondok Rangon. Itu Emak (sampaikan) lewat banyolan-banyolannya,” kenangnya.

Tempo: Komedian Mpok Nori Meninggal Dunia

Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Komedian senior Nur Sarinuri, atau yang biasa akrab dipanggil Mpok Nori, dikabarkan meninggal di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat, 3 April 2015, sekitar pukul 07.40 WIB.

“Telah berpulang ke Rahmatullah Mak Hj. Nori, jam 7.40 Wib di Rumah Sakit Pasar Rebo. Segenap Crew, Staf dan Direksi turut berduka cita atas meninggalnya Mak Haji Nori. Semoga Allah mengampuni semua dosa almarhumah, memaafkan semua kesalahan almarhumah…Aamiin YRA,” demikian pengumuman itu ditulis akun resmi Bens Radio.

Mpok Nori lahir di Jakarta pada 10 Agustus 1930. Dia dikenal luas dengan gayanya yang lugas dan logat Betawi yang sangat kental. Mpok Nori mengawali karier dari pentas lenong Betawi dan mulai dikenal luas setelah ikut bermain dalam serial Pepesan Kosong.

Selain berakting, Mpok Nori juga memiliki sanggar seni sebagai sarana pendidikan. Dia dikenal sebagai tokoh pelawak Betawi yang aktif.

Poskotanews: Komedian Mpok Nori Telah Tiada

“Telah meninggal dunia mak hj Nori pada pagi hari ini, pukul 08.10 WIB beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan semasa hidupnya,” tulis pesan yang beredar di Facebook.

Mpok Nori meninggal di usia 84 tahun. Sebagai seorang pelawak, penampilan Mpok Nori semasa hidupnya khas dikenal dengan logat Betawinya yang kental.

Hingga di usianya yang telah senja, Mpok Nori tak berhenti berakting. Selain tampil di acara lawak, ia juga didapuk bermain dalam sejumlah film di antaranya ‘Get Married 2 & 3′, juga ‘Sule Detektif Tokek’.

Selamat jalan, Mpok Nori!

 

Related Posts