Hasil Skor Akhir Pertandingan Timnas Indonesia vs Laos Piala AFF 2014

Category : Bola
Hasil Skor Akhir Pertandingan Timnas Indonesia vs Laos Piala AFF 2014by arief16on.Hasil Skor Akhir Pertandingan Timnas Indonesia vs Laos Piala AFF 2014Hasil Skor Akhir Pertandingan Tim Nasional Indonesia vs Laos Piala AFF 2014 | Kendati tampil dengan sepuluh pemain sejak babak pertama, Indonesia akhirnya bisa menutup kiprah mereka di Grup A Piala AFF 2014 dengan kemenangan usai menghajar Laos 5-1 di Stadion Hang Day, Jumat (28/11). Namun kemenangan itu tidak mengantarkan Indonesia ke semi-final, karena pada […]

Hasil Skor Akhir Pertandingan Tim Nasional Indonesia vs Laos Piala AFF 2014 | Kendati tampil dengan sepuluh pemain sejak babak pertama, Indonesia akhirnya bisa menutup kiprah mereka di Grup A Piala AFF 2014 dengan kemenangan usai menghajar Laos 5-1 di Stadion Hang Day, Jumat (28/11).

Namun kemenangan itu tidak mengantarkan Indonesia ke semi-final, karena pada laga lainnya Vietnam menekuk Filipina 3-1. Hasil ini membuat Indonesia menempati posisi ketiga klasemen akhir dengan nilai empat, sedangkan Laos menjadi juru kunci. Sementara Vietnam memuncaki klasemen dengan poin tujuh, diikuti Filipina yang berselisih satu angka.

Pelatih Alfred Riedl melakukan perombakan besar-besaran dengan memainkan hampir seluruh pemain yang selama ini duduk di bangku cadangan. Sedangkan Laos tidak melakukan perubahan berarti.

Babak pertama

Indonesia yang membutuhkan kemenangan telak langsung melakukan tekanan ke pertahanan Laos. Permainan agresif ini memaksa barisan belakang Laos harus bekerja keras menghalau bola menjauhi kotak penalti.

Upaya Indonesia untuk mencuri gol di menit awal akhirnya terwujud. Laga berjalan delapan menit, tendangan keras Evan Dimas dari luar kotak penalti membuat kiper Seng Athit Somvang memungut bola dari jalanya. Ini menjadi gol debut Evan Dimas bersama timnas senior.

Gol ini melecut motivasi pemain Indonesia. Hasilnya, tim Garuda berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Umpan Cristian Gonzales diselesaikan Ramdani Lestaluhu lewat tendangan kaki kanan.

Namun petaka menghampiri Indonesia di menit ke-27. Pelanggaran Supardi terhadap pemain Laos membuat wasit menunjuk titik putih, sekaligus memberikan kartu merah kepada bek Persib Bandung itu. Khampheng Sayavutthi yang dipercaya sebagai algojo sukses menjebol gawang I Made Wirawan untuk memperkecil ketertinggalan.

Unggul jumlah pemain membuat Laos lebih menekan pertahanan Indonesia. Namun anak asuh David Booth ini menemui kesulitan untuk menyamakan kedudukan. Sedangkan Indonesia mengandalkan serangan balik guna memperbesar keunggulan. Kendati demikian skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Laos langsung menggebrak pertahanan Indonesia di awal babak kedua guna mengejar ketertinggalan mereka. Namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka menemui kegagalan. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Seng Athit kebobolan di menit ke-51.

Lewat serangan balik cepat, Evan Dimas menggiring bola dari sisi kanan pertahanan Laos hingga masuk ke dalam kotak penalti. Evan kemudian melepaskan umpan, dan Ramdani pun tak membuang peluang itu untuk menjebol gawang Laos.

Laos meningkatkan intensitas serangan mereka setelah Indonesia mampu memperbesar keunggulan. Berkali-kali peluang diperoleh Laos, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka belum bisa menambah pundi-pundi gol.

Di lain sisi, Indonesia mengandalkan serangan balik cepat. Skema permainan ini membuat pemain Laos cukup kerepotan untuk membendungnya. Hanya saja, penyelesaian akhir tak sempurna membuat Indonesia tak bisa memperbesar keunggulan.

Menemui kesulitan, Laos mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, seperti dilakukan pemain pengganti Phouthhasay Khochalern yang bisa ditepis I Made Wirawan di menit ke-74. Sementara tendangan Bounthavy Sipasong dari jarak dekat tak menemui sasaran pada menit ke-80.

Namun Indonesia berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-82. Umpan lambung M Ridwan dari sisi kanan serangan Indonesia disambut sontekan first time Zulham Zamrun. Satu menit menjelang laga usai, Indonesia mengubah skor menjadi 5-1 ketika kapten tim Ketsada Souksavanh melakukan gol bunuh diri saat mencoba menghalau umpan silang Zulham.

SKOR AKHIR PERTANDINGAN

Indonesia 5-1 Laos

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia: I Made Wirawan; Zulkifli Syukur, Victor Igbonefo, Supardi, Manahati Lestusen, Achmad Jufriyanto, Ramdani Lestaluhu (M Ridwan 55′), Evan Dimas, Hariono (Firman 84′), Boaz Solossa (Zulham 66′), Cristian Gonzales.
Cadangan: Kurnia Meiga; M Robby, Fachruddin, Raphael Maitimo, Firman Utina, Zulham Zamrun, Samsul Arif, M Ridwan.
Pelatih: Alfred Riedl

Laos: Seng Athit Somvang; Saynakhonevieng Phommapanya (Sitthideth 68′), Ketsada Souksavanh, Saison Khounsamnan, Phoutdavy Phommasane (Paseutsack 61′), Bounthavy Sipasong, Vilayout Sayyabounsou (Phouthhasay 46′), Khonesavanh Sihavong, Keoviengpheth Lithideth, Soukaphone Vongchienkmam, Khampeng Sayavuth.
Cadangan: Soukhtavy Soundala; Sitthideth Khantavong, Phatthan Syvilay, Phouthhasay Khochalern, Thenthong Phonsettha, Sengdao Inthilath, Paseutsack Souliyavong, Tiny Bounmalay, Oudomsith Singlatsomboun.
Pelatih: David Booth

Related Posts