Daftar Semua Tim Klub Peserta ISL 2014 | Indonesian Super League (Liga Super Indonesia)

Category : Bola
Daftar Semua Tim Klub Peserta ISL 2014 | Indonesian Super League (Liga Super Indonesia)by arief16on.Daftar Semua Tim Klub Peserta ISL 2014 | Indonesian Super League (Liga Super Indonesia)Daftar Semua Tim Klub Peserta ISL – Indonesian Super League (Liga Super Indonesia) 2014 | PSSI telah memutuskan sebanyak 22 klub, sebagai peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2014. Namun, ke-22 klub tidak dapat memenuhi kelima syarat kriteria klub profesional. Komite Lisensi PSSI telah melakukan proses verifikasi terhadap calon klub peserta kompetisi sejak 25 […]

Daftar Semua Tim Klub Peserta ISL – Indonesian Super League (Liga Super Indonesia) 2014 | PSSI telah memutuskan sebanyak 22 klub, sebagai peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2014.

Namun, ke-22 klub tidak dapat memenuhi kelima syarat kriteria klub profesional. Komite Lisensi PSSI telah melakukan proses verifikasi terhadap calon klub peserta kompetisi sejak 25 November 2013.

Ada lima aspek klub profesional yang diverifikasi, yaitu legalitas, infrastruktur, supporting, manajerial, dan finansial. Proses verifikasi dilakukan sampai Kamis (5/12/2013) nanti.

Hasil verifikasi klub diserahkan Ketua Departemen Lisensi Klub PSSI Tigor Shalomboboy, kepada Komite Eksekutif (Exco) PSSI, kemarin.

“Ini merupakan etape ketiga dari rencana kompetisi. Etape pertama proses verifikasi, etape kedua keputusan komite lisensi, dan ini keputusan Exco PSSI. Dua etape berikutnya kaitan dengan peserta yang final dan kompetisi yang dijalankan PT Liga Indonesia,” papar Sekjen PSSI Joko Driyono dalam konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Proses verifikasi, lanjutnya, dilakukan di departemen lisensi, kemudian dipleno sejak kemarin malam hingga pagi tadi, oleh komite lisensi dengan keputusan dari 25 klub, 7 dari IPL dan 18 dari ISL.

Ada lima aspek lisensi yang diterapkan. Berdasarkan hasil pleno, tidak ada satu pun yang lolos verifikasi atas lima aspek.

“Rapat Exco memutuskan dengan pertimbangan kompetisi 2014 harus dijalankan, maka Exco hanya memfokuskan kepada dua aspek prioritas, yaitu infrastruktur dan finansial,” jelasnya.

Keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 17 Maret 2013 telah memutuskan tentang unifikasi liga. Artinya, kompetisi pada 2014 akan diikuti 22 klub, yakni 18 klub ISL dan 4 klub IPL.

Joko memaparkan, melihat keputusan KLB, pihaknya hanya meloloskan empat klub IPL. Kepada tujuh klub IPL yang menjalani proses verifikasi, PSSI memprioritaskan aspek infrastruktur.

“Lolos sementara dari IPL, yaitu PSM Makassar, Semen Padang, Persijap Jepara, dan Persiba Bantul. Jadi, 22 klub sebagai calon sementara peserta kompetisi ISL. 18 klub ISL ditambah dengan empat dari IPL,” bebernya.

“Kenapa calon sementara? Karena Exco memutuskan aspek finansial perlu pendalaman. Sebab, PSSI menerima catatan yang tidak bersumber dari klub saja, tapi pemain dan media. Karena itu, 22 klub belum tentu ikut berkompetisi jika validitas aspek keuangan gagal,” paparnya.


Daftar Semua Calon Tim Klub Liga Super Indonesia (ISL) 2013

Berikut daftar 22 klub calon peserta kompetisi 2014:
– PSM Makassar
– Semen Padang
– Persijap Jepara
– Persiba Bantul
– Persipura Jayapura
– Persiram Raja Ampat
– Arema Indonesia
– Persija Jakarta
– Persib Bandung
– Sriwijaya FC Palembang
– Barito Putera Banjarmasin
– Mitra Kutai Kartanegara
– Persisam Samarinda
– Persepam Madura United
– Gresik United
– Persela Lamongan
– Persita Tangerang
– Persiba Balikpapan
– Persebaya
– Perseru Serui
– Persik Kediri
– Pelita Bandung Raya

Itu tadi adalah informasi tentang Daftar Semua Tim Klub Peserta ISL 2014. Terima kasih telah berkunjung ke TV Teropongku, semoga bermanfaat.

Related Posts